Minggu, 12 November 2017

Struktur Pemerintah Gampong Kuta Blang


Berdasarkan UUPA Nomor: 11 Tahun 2006 mulai bulan Januari 2010 Pemerintah Kelurahan dilikuwidasi/dihapus diganti dengan Pemerintahan Gampong yang di pimpin oleh Keuchik, berdasarkan hasil kesepakatan damai Pemerintah RI dengan GAM. dalam MOU disebutkan bahwa Aceh dapat menjalankan sistim Pemerintahan sendiri yang disebut dengan Self Government maka Pemerintah Aceh secara menyeluruh diubah menjadi sistem Pemerintah Gampong yang dipimpin oleh seorang Keuchik, dan Keuchik dipilih langsung secara Demokrasi oleh masyarakat Gampong.

Dalam hal pelaksanaan tugas-tugas Administrasi Pemerintahan Keuchik dibantu oleh seorang Sekretaris, guna untuk kelancaran pelaksanaan tugas Administrasi secara rutin dan untuk pelaksanaan kegiatan kehidupan sosial kemasyarakatan secara langsung di lapangan Keuchik dibantu oleh 5 orang Kepala Dusun yang secara langsung berinteraksi dengan warga.

Jumlah Kepala Dusun di dalam struktur organisasi Pemerintahan pemerintah Gampong Kutablang sangat mendukung, dimana Kepala Dusun merupakan ujung tombak dalam hal memberikan motivasi terhadap segala aktivitas dan kegiatan-kegiatan serta di dalam seluruh aspek pembangunan di Gampong.

Untuk mendukung kelancaran kerja dan pelaksanaan kegiatan-kegiatan sosial masyarakat di dalam suatu Dusun, Kepala Dusun dibantu oleh pembantu Dusun sebagai mitra kerja yang sangat membantu tugas-tugas Kepala Dusun di dalam menggerakkan dan memberikan motivasi kepada warga masyarakat terhadap perencanaan pembangunan di dalam suatu Gampong.

Jumlah Pembantu Kepala Dusun:

No
Nama Dusun
Jumlah Pembantu Dusun
1.
2.
3.
4.
5.
Dusun Mon Raya
Dusun Kuta Krueng
Dusun Teumpok Aceh
Dusun Rumoh Neuheun
Dusun Kuta Asan
1
1
1
1
1
Jumlah
5

Dengan adanya pembantu Dusun di setiap Dusun dalam Gampong pada hakikatnya sangat membantu dan meringankan tugas-tugas yang selama ini diemban oleh Kepala Dusun maupun Gampong dalam hal pelaksanaan kegiatan sosial masyarakat dan kegiatan ekonomi pembangunan dan Pemerintahan secara umum.

(Sumber: Pemerintah Gampong Kuta Blang tahun 2016)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kuta Blang utus 26 Peserta pada MTQ Kecamatan Banda Sakti Tahun 2022

Mushabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kecamatan Banda Sakti kembali digelar. Pada edisi ke-36 ini Gampong Hagu Selatan ditunjuk sebagai ...